VLOOKUP adalah suatu fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan suatu nilai tertentu.
VLOOKUP merupakan singkatan dari vertical lookup yang menggambarkan proses kerjanya mencari data secara vertikal baris demi baris.
FUNGSI VLOOKUP
Dipakai untuk mencari suatu nilai pada kolom paling kiri suatu tabel dan mengambil nilai kolom lain yang ditentukan pada baris yang sama.
Sintaks:
=VLOOKUP(Lookup_Value_;Table_Array;Col_Index_Num;[Range_Lookup])
Ket:
Lookup_Value : Dapat berupa isi sel atau nilai yang diketik
Table_Array : tabel yang dipakai sebagai rujukan pencarian
Col_Index_Num : menunjukkan kolom beberapa yang nilainya akan diambil
Range_Lookup : Dapat dikosongkan atau diisi "True" jika tabel disusun terurut dan pencarian diartikan sama dengan atau lebih kecil, jika diisi "false" maka tabel tidak harus terurut dan pencarian sebagai "yang sama persis"
Contoh:
Seorang Dosen ingin menentukan LULUS, LULUS BERSYARAT, atau TIDAK LULUS mahasiswanya. Dosen ini sudah memiliki data antara lain sebagai berikut:
Bagaimana cara meggunakan Vlookup?
Mudah saja, masukan rumus Vlookup, agar lebih jelasnya perhatikan tabel dibawah ini!
Kisi-kisi: =VLOOKUP(D5,$G$8:$H$12,2)
Setelah pada Cell E5, LULUS, copy dan paste sampai cell E14!, maka akan muncul grade mahasiswa yang LULUS, LULUS BERSYARAT, dan TIDAK LULUS.
Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat :D


Tidak ada komentar:
Posting Komentar