Sabtu, 11 Oktober 2014

Pengertian Iklan, dan Jenis-Jenis Iklan

Iklan adalah suatu pesan merupakan suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pedan visual. Media ini terdiri dari lembaran kertas dengan sejumlah kata, gambar, atau foto dengan tata warna dan halaman putih.
Tentang barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat. Tujuan iklan adalah agar masyarakat tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa tersebut.


Tujuan iklan:
a. Memberi tahu masyarakat
b. Mengajak masyarakat supaya membeli produk tersebut
c. Mempengaruhi masyarakat supaya ingin membeli produk tersebut

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan, antara lain:
a. kalimatnya singkat dan jelas;
b. bahasanya mudah dipahami dan menarik;
c. tulisan dan gambarnya menarik.

Fungsi iklan dalam pemasaran adalah memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar iklan berhasil merangsang tindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu:
 Attention : mengandung daya tarik
 Interest : mengandung perhatian dan minat
 Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki
 Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produk
 Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produk
 Action : mengarah tindakan untuk membeli

Beberapa bentuk iklan, antara lain: iklan penawaran, iklan mini, iklan baris, iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dsb.



Iklan Media cetak merupakan suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pedan visual. Media ini terdiri dari lembaran kertas dengan sejumlah kata, gambar, atau foto dengan tata warna dan halaman putih.

Kelebihan iklan media cetak:
1. Biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan relative lebih murah.
2. Lebih efektif menjelaskan hal-hal bersifat kioplexs dan rigid.
3. Lebih terjangkau dari segi harga maupun distribusinya.
4. Mudah dibawa dan dikirimkan ke berbagai wilayah.
5. Terdokumentas.


Iklan online adalah info atau pesan yang disampailan kepada
Khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, mengajak, membujuk agar khalayak umum atau masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan terlihat pada jaringan internet, bisa berupa produk, perusahaan atau gagasan. Gambar disamping merupan iklan online di media sosial Facebook.


Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; iklan baris, banner, straming, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar